GERAKAN LITERASI TAHUN PELAJARAN 2021-2022

GERAKAN LITERASI SEKOLAH
SMP NEGERI 18 BANDUNG

           Literasi menurut Elizabeth Sulzby adalah kemampuan seseorang dalam berbahasa dan berkomunikasi. Dimana orang tersebut tidak hanya memiliki kemampuan membaca saja. Tetapi juga memiliki kemampuan menyimak, berbicara serta menulis.

Dari apa yang disampaikan oleh Elizabeth di atas menunjukan bahwa literasi sebagai faktor utama agar seseorang bisa berkembang dan melek ilmu pengetahuan lewat membaca. Setidaknya pula, lewat membaca mengantarkan individu tersebut memiliki keterampilan lain selain pengetahuan. Misalnya memiliki keterampilan lain dibidang yang telah mereka baca atau semacamnya.

            Membaca dan menulis, setelah berbicara (literasi)  merupakan aktivitas penting dalam kehidupan. Sebagian besar proses pendidikan bergantung pada kemampuan dan kesadaran literasi. Budaya literasi yang tertanam dalam diri peserta didik memengaruhi tingkat keberhasilan, baik di sekolah maupun dalam kehidupan bermasyarakat.

        Di masa  Pandemi  ini,  Ketika pembelajaran dilaksanakan di rumah, Program GLS ini serasa tersendat  atau bahkan terhenti. Oleh karena itu agar program literasi ini  berjalan  dengan  baik, maka dibutuhkan  cara baru yang berbeda dengan program literasi yang dilaksanakan saat sekolah tatap muka.

       SMPN 18 Bandung mencoba terus menggelorakan semangat  literasi dengan mendorong siswa kreatif membaca dan menulis reviu buku, puisi, pengalaman  pribadi, curahan hati, kata-kata mutiara, dan beragam tulisan siswa dengan cara daring dikirim melalui whatsApp, email, wattpad dan berbagai media daring lainnya.

Kegiatan Literasi di SMPN 18 dilaksanakan dengan cara Tim Literasi membimbing dua siswa ( Kader iterasi) dari setiap kelas, yang selanjutnya kedua siswa tersebut bisa menyampaikan dan membimbing   teman-teman di kelasnya.

Dengan demikian Siswa yang menjadi kader Literasi adalah:

  1. Kelas  IX  22 siswa
  2. Kelas VIII 20 siswa
  3. Kelas VII 22 siswa

Berikut kader Literasi kelas VII,VIII, dan XI :

         Kader Literasi bertugas membimbing  dan mengordinir jurnal dan Reviu buku dari teman sekelasnya , yang selanjutnya diserahkan pada kordinator tim Literasi.

 Adapun kegiatan yang dilaksanakan adalah sebagai berikut:

  1. Kegiatan Harian
  • Membaca 15 menit
  • Menulis agenda harian / jurnal harian buku yang telah dibaca
  • Membuat resume tentang buku yang dibaca

Berikut contoh jurnal yang dibuat oleh siswa SMPN 18 Bandung

2. Kegiatan Mingguan

     Membuat video sedang mempresentasikan  hasil resume yang telah dibuat  bergiliran, satu orang/kelas/minggu,dikirim via WA ke team literasi, selanjutnya diuploud di Instragram SMPN 18 Bandung.

Berikut video Review Buku oleh siswa SMPN 18 Bandung

3. Kegiatan Bulanan

    Semua siswa diharuskan membuat sebuah Review buku dengan memilih salah satu bentuk review AIH,Ychart, atau Fishbone